Friday, June 22, 2012

Cara Menata Dapur Minimalis

Dapur merupakan salah satu area penting di dalam rumah. Dapur sendiri sebenarnya memiliki tiga fungsi utama, yakni sebagai tempat penyimpanan makanan, persiapan pengolahan, dan proses pengolahan (memasak). Dari sinilah nanti akan tercipta hidangan sehat bagi para penghuninya. Dapur sebenarnya merupakan area kerja yang membutuhkan tempat yang cukup luas.
Hanya saja, bagaimana jika Anda memiliki rumah yang mungil? Bagaimana mengatur dapur Anda agar mampu menjalankan fungsinya dengan optimal? Desain dapur minimalis adalah jawabannya.

Keterbatasan ruangan dalam rumah bukan berarti Anda tidak mampu menghadirkan dapur yang mampu memenuhi keseluruhan fungsinya. Dengan desain dapur minimalis, fungsi dapur tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Hanya saja, ada beeberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika mendesain dapur minimalis. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, perhatikan sirkulasi udaranya. Pastikan dapur Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Tambahkan ventilasi serta exhaust untuk mengeluarkan asap hasil proses memasak.

Kedua, pencahayaan. Untuk menimbulkan kesan lapang pada dapur minimalis Anda, berikan pencahayaan yang cukup. Selain itu, Anda bisa memasang jendela yang besar pada dapur tersebut.

Ketiga, pemilihan kitchen set. Karena luas ruangan yang terbatas, pastikan memilih kitchen yang portable, compact, dan ergonomis. Pilihlah warna kitchen set yang sesuai dengan warna dinding dan lantai dapur Anda.

Keempat, pemilihan meja dapur. Pastikan meja dapur terbuat dari bahan yang tahan panas. Anda bisa menggunakan bahan dari granit ataupun HPL. Kedua bahan tersebut bisa menahan panas dengan baik sehingga awet dipakai.

Kelima, pemilihan keramik lantai. Agar Anda tidak mudah terpeleset, pastikan lantai dapur menggunakan keramik bertekstur kasar. Bisa pula menggunakan lantai parkit.

Keenam, desain dapur multifungsi. Untuk mengoptimalkan fungsi ruangan, Anda bisa menggunakan ruang dapur sekaligus sebagai ruang makan. Atau bisa pula menghadirkan desain dapur dengan konsep bar. Hal ini akan menambah keakraban bagi para penghuni rumah. Selain itu, Anda pun bisa menjamu tamu istimewa di dapur tersebut.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, dapur unik Anda akan terwujud. Dan yang tidak kalah pentingnya, fungsi utama dapur tetap bisa diakomodasi dengan baik.

Source: rencanarumah.com