Tuesday, June 5, 2012

Cara Menata Halaman Rumah Sempit

Memiliki halam rumah yang kecil bukan suatu halangan untuk menjadikan halaman rumah tampil cantik dan nyaman. Dengan beberapa trik menata halaman rumah kita bisa menyulap lahan mungil di rumah menjadi tempat yang menarik dan indah. Salah satu cara jitu dalam menata halaman rumah  agar terlihat menarik adalah dengan membuat taman kecil nan mungil.



Taman ini bisa diletakan di halaman depan atau belakang. Untuk menata halaman rumah dengan taman mungil kita bisa mengaplikasikan gaya taman minimalis yang tidak memerlukan lahan yang luas. Agar taman yang ditata di halaman terlihat menarik perlu diperhatikan jatuhnya sinar matahari pada halaman rumah. Untuk menentukan titik fokus pada taman yang dibuat.

Tempat yang paling banyak mendapat sinar matahari, bisa ditanami dengan tanaman keras seperti pohon buah – buahan atau pohon cemara dan pohon flamboyan. Selain itu dalam menata halaman rumah agar terlihat lebih luas perlu diperhatikan penataan permukaan tanahnya. Buatlah bentuk permukaan tanah yang sedikt membukit dibeberapa bagian.

Namun jangan juga membuat bukit yang terlalu tinggi, buatlah bukit dengan ketinggian 50 cm. Pada bagian halaman yang membukit ini bisa ditanami dengan tanaman hias yang tidak terlalu tinggi. Bila tanaman hias ini mulai meninggi, pangkaslah agar tidak menimbulkan kesan taman yang semrawut. Dan jika ingin menambahakn kolam ikan mini dalam taman yang dibuat.

Buatlah kolam ikan dengan mengikuti alur batas pinggir halaman. Jadi kolam yang dibuat tidak harus berbentuk bulat atau lebar. Buatlah kolam dengan bentuk memanjang tapi tetap memiliki nilai artistik. Dan agar halaman depan rumah terkesan lebih luas, cobalah tidak memakai pagar pada halaman rumah(nn)

Source: indobeta